"Remaja Jompo" Hantui Generasi Muda, Begini Kata Praktisi Medis KJP Medical Center

Sani Ichsan
Mar 11, 2023

KOSADATA - Saat ini seorang usia muda tidak menjamin dirinya bebas dari ancaman penyakit yang dahulu sering diderita orang tua. Misalnya, darah tinggi, kolesterol, gangguan jantung, Anemia dan lain-lain.

Customer Relationship Manager KJP Group, Fauzia Ulfah S.K.M menyampaikan, keadaan yang sering sekali didapati pada usia remaja dan mudah dilihat secara kasat mata tersebut bisa dibilang sebagai fenomena "Remaja Jompo".

"Tubuh remaja jaman sekarang terbilang rentan terhadap gangguan kesehatan. Kita familiar ya dengan istilah Remaja Jompo? Nah, kondisi demikian itu yang sekarang sering kita lihat ya di usia usia muda sehingga mereka perlu terbuka pada informasi soal kesehatan," ujar Fauzia dalam keterangan persnya, Sabtu (11/3/2023).

Menurut praktisi medis cantik ini, banyak faktor menyebabkan seorang remaja termasuk kategori Jompo. Diantaranya, mengkonsumsi alkohol, merokok, kurang olahraga, begadang, lebih sering berdiam diri dan tidak banyak menggerakkan tubuh serta banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

"Dulu tahun 2021an dimana istilah "Remaja Jompo" ini mulai beredar di media sosial, istilah ini sering sekali disematkan kepada mereka kalangan remaja yang mudah pegal-pegal, mudah lelah, masuk angin, dan sakit punggung," katanya.

"Saat ini istilah ini trend lho di remaja. Apakah keren? pastinya tidak. Karena boleh dibilang jika ini dibiarkan tidak dicegah secara dini, akan berbahaya juga bagi kesehatan remaja," lanjutnya.

Zona Nyaman Penyebab Remaja Menjadi Jompo

Menurut Fauzia, gaya hidup remaja sekarang cenderung membentuk kebiasaan buruk yang terlanjur dinikmati oleh kalangan kelompok itu. Sehingga, lanjutnya, remaja dengan penampilan menempelkan koyo di badan, membawa obat obatan layaknya orang tua atau minyak angin menjadi pemandangan yang mengkhawatirkan.

"Kejompoan itu memang dalam dunia medis tidak berarti menunjukan spesifik


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0