Accesive, Aplikasi Bagi Kaum Disabilitas Besutan Tuna Daksa Masuk Ajang Internasional

Peri Irawan
Jan 31, 2023

KOSADATA - Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil membuat Accessive.id, sebuah aplikasi untuk memudahkan penyandang disabilitas dalam beraktivitas. Aplikasi ini menyediakan informasi aksesibilitas suatu tempat bagi penyandang disabilitas seperti disabilitas fisik, lansia, orang sakit maupun khalayak lainnya.

 

Adalah Muhammad Faqih Husaen yang juga tuna daksa mengaku mengembangkan aplikasi ini untuk memfasilitasi mobilitas para penyandang disabilitas. Nantinya, kata Faqih, para penyandang disabilitas bisa merencanakan tempat yang dikunjungi dengan lebih mudah.

 

"Tak hanya membantu disabilitas saja, tetapi aplikasi ini juga membantu bagi yang memiliki lemah fisik seperti ibu hamil, lansia, maupun orang sakit,” ujar Faqih yang juga Mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA UGM angkatan 2019 itu dilansir laman UGM, Selasa (31/1/2023).

 

Faqih mengungkapkan pengembangan aplikasi ini berawal dari kondisi dirinya dan almarhum kakaknya yang merupakan disabilitas daksa. Ia  dan sang kakak memiliki keterbatasan gerak karena menderita duchenne muscular dystrophy (DMD).

 


Penyakit itu menyebabkan penderitanya mengalami penurunan fungsi otot sehingga mengalami kelumpuhan kaki. Kondisi tersebut menginspirasinya untuk membuat aplikasi yang dapat membantunya dan para penyandang disabilitas dalam mengakses infromasi layanan yang ramah disabilitas.

 

 

“Latar belakang pengembangan aplikasi ini dari kondisi pribadi sebagai penyandnag disabilitas daksa sering menemui tempat yang tidak aksesibel serta tidak ada fasilitas bagi penyandang disabilitas. Tidak adanya fasilitas dan akses bagi disabilitas ini jadi membatasi saat beraktivitas,” tuturnya.

 

 

Faqih memulai mengembangkan aplikasi Accessive.id sejak tahun 2020 lalu. Pengembangan dilakukan dengan pendanaan dari program 1.000 Satrtup Digital Kemenkominfo. Faqih merancang aplikasi itu bersama dengan kedua rekannya yakni Bima Indra Permana  (Magister Manajemen UGM) dan Gaksa Gantara (alumnus SV UGM).

 

 

Pria asal Turi, Sleman


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0