|

Anies Belajar Lato-Lato ke Anak Baduy

Peri Irawan
January 24, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Bakal Calon Presiden 2024, Anies Baswedan mengunjungi permukiman Suku Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (24/1/2023). Bersama rombongan dari Partai Nasdem dan ratusan relawan, Anies sempat belajar Lato-Lato ke salah satu anak Baduy luar.

Dengan mengenakan ikat kepala khas Baduy luar, Anies tak segan meminjam Lato-Lato yang sedang dimainkan anak itu. Namun, permainan Lato-Lato yang dilakukan Anies tidak seterampil anak itu.

"Benar mainnya? Ayok main lagi," tanya Anies ke anak itu seperti dalam tayangan video dalam akun facebook Pendukung Anies Baswedan se Indonesia, Selasa (24/1/2023).

Meski malu-malu, anak Baduy itu tampak semringah berinteraksi dengan Anies Baswedan. Anies pun menghadiahi anak itu sebuah buku.

Saat ini, permainan Lato-Lato sedang digandrungi anak-anak Indonesia. Latto-latto merupakan sebuah mainan berupa dua buah bola plastik berbobot padat keras dan permukaan halus yang diikat seutas tali dengan cincin jari di tengah. Permainan ini adalah jenis permainan ketangkasan dengan mengandalkan keterampilan fisik

Dalam kunjungannya tersebut, Anies mengatakan hendak bersilaturahmi dengan warga Baduy sekaligus nostalgia karena pernah datang ke sana pada 2013.

"Sekitar 10 tahun lalu datang ke sini, menginap di rumah Pak Sarip. Alhamdulillah ditakdirkan ke sini lagi," kata Anies.

Anies mengaku senang bisa berkunjung kembali ke Desa Baduy Luar untuk bersilaturahmi bersama masyarakat Baduy, berdialog dan mendengarkan apa-apa saja yang menjadi tantangan dan harapan masyarakat adat Baduy ke depan.

"Terima kasih juga atas Lomar dari Ayah Mursid yang dipakaikan kepada kami, ini akan kami jaga dan simpan baik-baik," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat Baduy menjadi contoh bagaimana manusia dapat hidup berdampingan dengan alam, menjaganya, dan mengambil manfaatnya tanpa harus merusaknya.

"Maka dari itu perlu bagi kita semua mempercayakan pemanfaatan lahan yang lebih besar, seiring pertumbuhan penduduk Baduy sehingga manfaat lahan tersebut dapat dirasakan lebih luas dan harapannya akan lebih terjaga," tegasnya. ***

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News