Anies Dapat Tiket Nyapres, Nasdem Endus Poros Lain Segera Umumkan Jagoannya

Peri Irawan
Jan 31, 2023

KOSADATA - Dukungan resmi tiga partai politik, yakni Demokrat, Nasdem dan PKS untuk Anies Baswedan menjadi kandidat Calon Presiden 2024 dinilai akan memicu poros lain untuk segera mengumumkan jagoannya. Hal ini diungkapkan, Anggota Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter.

Menurutnya, dukungan untuk Anies Baswedan ini telah memenuhi Presidential Threshold yang diatur undang-undang. Dia mengatakan, dukungan PKS dan Partai Demokrat untuk Anies Baswedan belakangan ini bakal berimbas ke konstelasi politik menuju Pemilu 2024.

"Dukungan PKS dan Demokrat ini akan memprovokasi poros yang lain untuk segera mengumumkan siapa jagoannya," ujar Jupiter dalam keterangannya, Selasa (31/1/2023).

Jupiter memprediksi partai politik lain akan segera mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden mereka menyusul langkah PKS dan Demokrat.

"Poros lain tentu akan mengumumkan jagoannya yang bisa ikut bersaing di Pilpres 2024," katanya.

Diketahui, Demokrat, Nasdem dan PKS sepakat membentuk koalisi perubahan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024. Koalisi ini telah memenuhi syarat Presidential Threshold dengan jumlah kursi DPR dan suara nasional.

Calon Presiden 2024 nanti, harus mendapat dukungan partai politik atau gabungan parpol yang memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional pada Pemilu 2019 lalu.

Saat ini, Partai NasDem memiliki perolehan suara sebesar 9,5 persen pada Pemilu 2019 lalu. Sementara Demokrat sebesar 7,77 persen dan PKS 8,21 persen. Secara akumulatif, tiga partai ini memiliki total suara 25,03 persen.

Bila ditilik dari perolehan kursi


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0