Banjir Jakarta di Beberapa Titik Wilayah Berkurang

Ida Farida
Mar 03, 2023

KOSADATA - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Rabu (1/3/2023) dan Kamis (2/3/2023), menyebabkan genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

Kepala BPBD DKI Isnawa Adji mengungkapkan, genangan yang sebelumnya terjadi di 21 RT dan 3 ruas jalan tergenang, saat ini menjadi 9 RT atau 0,030 % dari 30.470 RT dan 3 ruas jalan tergenang yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Pihaknya, lanjut dia, mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ujar Isnawa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Isnawa juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112.

"Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkasnya.

Berikut data wilayah terdampak yang masih tergenang,;

Jakarta Barat terdapat 9 RT yang terdiri dari :

Kelurahan Tegal Alur
- Jumlah: 8 RT
- Ketinggian: 25 s.d 70 cm
- Penyebab: Curah Hujan Tinggi dan luapan kali semonggol

Kelurahan Cengkareng Barat
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 20 cm
- Penyebab: Curah Hujan Tinggi dan Luapan Kali semonggol

Jalan Tergenang terdapat 3 ruas jalan:
1. Jl. Kamal Raya, Kel. Tegal Alur,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0