Bawaslu RI Serukan Anggota Parpol Ikut Pantau Coklit

Bambang Widodo
Feb 19, 2023

KOSADATA - Anggota Bawaslu Puadi meminta anggota partai politik (parpol) ikut serta memantau perkembangan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) KPU. Keikut sertaan anggota parpol dalam hal ini dapat membantu keluarga atau tetangga sudah masuk sebagai daftar pemilih tetap.

"Kalau bisa, teman-teman partai ikut bantu memantau perkembangan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih oleh Pantarlih, apakah saudara kita dan tetangga kita terdaftar sudah terdaftar di DPT atau belum," kata Puadi saat memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) anggota DPRD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Sumatera Utara di Jakarta, dikutip Minggu (19/2/2023).

Memastikan warga terdata dalam proses coklit, lanjut dia merupakan tugas bersama. Tak hanya itu, Puadi mempersilakan partai politik mendatangi kantor Bawaslu setempat untuk berkonsultasi terkait aturan-aturan dan batasan dalam pemilu atau pemilihan.

Upaya itu berguna untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran baik saat sosialisasi, kampanye, dan lain sebagainya.

"Jika ada yang tidak dimengerti silakan datang ke tempat- tempat penyelenggara setempat. Ingin melakukan apa, atau ada apa silakan diskusikan dengan Bawaslu, sebelum terlalu jauh melakukan proses potensi pelanggaran adminitrasi atau pidana," ujarnya.

Lebih lanjut, Puadi berharap anggota parpol menjadi kepanjangan Bawaslu RI dalam memahami regulasi baik undang-undang, Peraturan KPU (PKPU), dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu).

"Saya berharap pahami betul regulasi jangan sampai kita tidak tahu aturannya, mau bertempur tidak mengetahui regulasinya dan tidak memiliki amunisinya, repot nanti," tuturnya.

Puadi mengatakan, untuk menghindari pelanggaran pihaknya mendorong agar peserta pemilu tidak mengajak penyelenggara diskusi


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0