BI Jakarta Genjot Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Ida Farida
Feb 09, 2023

KOSADATA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jakarta terus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Jakarta. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian DKI Jakarta pada triwulan IV 2022 masih tumbuh tinggi sebesar 4,85% (yoy), meskipun lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 5,93% (yoy).

Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan tahun 2022 perekonomian DKI Jakarta tumbuh 5,25%, lebih tinggi dari tahun 2021 yang tumbuh 3,56%.

"Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta juga akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendorong momentum akselerasi pemulihan ekonomi DKI Jakarta di berbagai sektor guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jakarta, Musni Hardi dalam keterangan tertulis, Rabu (8/2/2023).

Menurutnya, perbaikan ekonomi DKI Jakarta pada 2022 yang terus berlanjut ini didorong oleh pemulihan aktivitas sosial ekonomi masyarakat seiring terkendalinya kasus COVID-19. Dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang lebih tinggi terutama bersumber dari kinerja konsumsi rumah tangga, investasi dan ekspor.

"Sementara itu dari sisi Lapangan Usaha (LU), pertumbuhan terutama bersumber dari LU Perdagangan, LU Industri Pengolahan, serta LU Jasa lainnya," kata Musni.

Dari sisi permintaan, lanjutnya, konsumsi rumah tangga pada tahun 2022 tumbuh sebesar 5,64%, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya 3,54% sehingga memberikan andil sebesar 3,28% terhadap PDRB DKI Jakarta.

Pertumbuhan tersebut, ungkapnya, didorong oleh peningkatan aktivitas masyarakat yang terindikasi dari tingginya mobilitas serta peningkatan impor barang konsumsi.

Selanjutnya, kata Musni, investasi tercatat tumbuh sebesar 4,48% meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 1,05%  dengan andil sebesar 1,70%. Kondisi tersebut sejalan dengan akselerasi sektor konstruksi serta peningkatan belanja modal pemerintah dan impor barang modal.

"Adapun kinerja ekspor juga tumbuh tinggi yaitu


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0