Biaya Haji Naik Rp69 Juta Terlalu Tinggi, Fadli Zon Bandingkan dengan Malaysia

Abdillah Balfast
Jan 28, 2023

KOSADATA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon membandingkan biaya haji antara calon jemaah haji di Indonesia dan Malaysia.

Pasalnya kata Fadli meskipun biaya total haji untuk per jemaah sama, namun biaya yang harus dibayar oleh jamaah haji Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan jemaah di Malaysia. 

Padahal kata Fadli dengan jumlah jamaah haji Indonesia yang paling besar di dunia seharusnya biaya yang dikeluarkan dapat lebih ditekan.

Ia mengungkapkan pemerintah Malaysia menetapkan biaya haji dalam dua golongan yakni B40 (bottom 40) atau penduduk dengan pendapatan 40 persen terbawah. Kemudian selebihnya kategori bukan B40.

Dengan biaya total ongkos naik haji di Malaysia dan Indonesia relatif sama di angka Rp 100 juta. Namun, biaya yang harus ditanggung jamaah haji B40 di Malaysia hanya sebesar MYR10.980 atau sekitar Rp 38,59 juta.

Sedangkan jamaah haji yang tergolong bukan B40 hanya membayar MYR12.980 atau Rp 45,62 juta. Sedangkan biaya sisanya ditanggung oleh lembaga tabung haji.

Hal tersebut amat berbeda dengan pemerintah yang berencana atau sudah mengusulkan mengenakan biaya haji yang harus ditanggung calon jemaah haji sebesar Rp 69 juta dari total biaya haji Rp 98 juta.

Apalagi kata Fadli Zon pemerintah Arab Saudi telah menurunkan harga akomodasi haji sekitar 30 persen pada 2023. 

Sehingga ia mencurigai ada persoalan yang membuat pemerintah justru masih menaikkan biaya haji tahun ini seiring penurunan biaya tersebut.

"Di tengah semua penurunan tersebut, jelas ada masalah tata kelola yang serius jika pemerintah justru menaikkan porsi biaya yang harus dibayarkan oleh jamaah haji Indonesia. Bahkan jika besaran kenaikannya lebih dari 73 persen," ujar Fadli


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0