Demokrat Deklarasikan Anies, AHY Dinilai Bisa Jadi Cawapres Koalisi Perubahan

Peri Irawan
Jan 27, 2023

KOSADATA - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai cocok untuk menjadi Bakal Calon Presiden (Bacawapres) dari Koalisi Perubahan untuk mendampingi Anies Baswedan. Hal ini diungkapkan analis komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas), Selamat Ginting di Jakarta, Jum'at (27/1/2023).

"Deklarasi bakal calon presiden yang dilakukan Demokrat sekaligus kredit poin penting bagi Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk bisa dipilih menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres)," ujar Selamat Ginting.

Menurutnya, Demokrat maju selangkah lebih dahulu dibandingkan PKS untuk. Peluang AHY semakin terbuka daripada mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang semula akan disorongkan PKS untuk menjadi bakal cawapres mendampingi Anies Baswedan.

“Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa menjadi king maker dalam keputusan politik yang tidak mudah ini. Pelan-pelan Koalisi Perubahan bisa keluar dari kemelut persoalan siapa yang nantinya akan diusung menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan,” kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas itu.  

Menurutnya, pembentukan koalisi perubahan ini harus disambut dengan gembira, termasuk koalisi yang dibangun Gerindra dan PKB. Hal ini menandakan iklim politik di Tanah Air berjalan sesuai rencana.

"Artinya pemilu 2024 sudah semakin dekat setelah sebelumnya kehidupan politik dihujani ketidakpastian dengan adanya rumors penundaan pemilu, perpanjangan masa jabatan presiden, termasuk soal jabatan presiden tiga periode," ucapnya.

“Setelah diliputi ketidakpastian selama sekitar empat bulan, kini Koalisi


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0