Demokrat Dukung Anies Presiden, AHY Ajak PKS-NasDem Bentuk Sekretariat Perubahan

Sani Ichsan
Jan 26, 2023

KOSADATA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memastikan akan mendukung Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden 2024. Untuk itu, pihaknya mengajak Partai NasDem dan PKS untuk  segera membentuk Sekretariat Perubahan.

"Koalisi Demokrat, PKS, dan NasDem bertemu bukan untuk politik transaksional dan pragmatisme. Koalisi Demokrat, PKS, dan NasDem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar AHY dalam keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).

Diakuinya, kerja tim kecil Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap final. Dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental. Adapun terkait Bakal Calon Presiden (Bacapres), tambahnya, sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024.

"Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai Bacawapres. Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar," kata AHY.

Yang terpenting, lanjutnya, diskusi cawapres hendaknya tidak menghambat finalisasi koalisi. Menurutnya, penentuan Bacawapres jangan menjadi faktor hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan.

"Untuk itu, Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan Bacawapres kepada Bacapres yang kita usung. Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi," ucap AHY.

Selain itu, menurutnya, Capres akan memiliki independensi dalam menentukan pasangannya, tanpa diintervensi oleh pihak manapun. Sehingga, tegasnya, pasangan Capres dan Cawapres yang didukung koalisi


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0