Dinas KPKP DKI dan Peduli Jakarta Komitmen Bantu Kesejahteraan Nelayan Kali Baru

Sani Ichsan
Feb 23, 2023

KOSADATA - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama LSM Peduli Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara pada Rabu (22/23) kemarin.

Kepala dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati menyampaikan, pihaknya akan terus bekerja keras meningkatkan kualitas ikan di TPI wilayah DKI Jakarta. 

Menurutnya, hal ini adalah upaya Dinas KPKP dalam membantu kelangsungan hidup para nelayan, dan sebagai upaya menyejahterakan masyarakat nelayan, agar mereka tidak mengalami kemiskinan ekonomi. 

"Tentunya sejalan dengan cita-cita dan instruksi Gubernur Heru Budi Hartanto, yakni penurunan angka kemiskinan di DKI Jakarta. Nelayan di sini ada kurang lebih 3000an, yang ada di Kali Baru, Cilincing, dan Marunda," ujar perempuan yang akrab disapa Eli dikutip Kamis (23/2/2023).

"Hubungannya dengan Dinas KPKP adalah kelautan dan perikanan, sehingga TPI di sini di bawah pengelola KPKP. Kegiatan penurunan ikan di TPI Cilincing dimulai dari jam 19.00-sampai pagi. Para nelayan akan menampung semua ikan dari kapal ke TPI, setelah itu selesai,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, rombongan dan tim Peduli Jakarta juga melihat bagaimana proses penampungan ikan ke dalam box pendingin, dan pembuatan ikan asin.

Eliawati menambahkan, pihaknya akan terus berupaya agar ikan tangkapan para nelayan maupun olahan ikan asin di DKI Jakarta bebas campuran kimia yang berbahaya. 

Eliawati menegaskan, kemiskinan ekstrem harusnya tidak ada lagi di DKI Jakarta karena semua program bantuan sosial sudah banyak digelontorkan pemerintah, dan semua program kesejahteraan masyarakat Pemprov DKI Jakarta terintegrasi dan terpadu. 

"Bahkan Dinas KPKP hadir bukan hanya untuk memajukan perikanan dan pertanian di DKI Jakarta tetapi program mereka juga hendak


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0