Dua Bus Air Siap Layani Masyarakat Danau Toba

Dian Riski
Jan 18, 2023

Kosadata - Dalam mendukung suksesnya program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatra Utara, akan dilayani dengan 2 bus air, yakni KMP Jurung-Jurung dan KMP Asa-Asa. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, dua unit bus air yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2 Februari 2022. 

Bus air tersebut kini telah siap dioperasikan ASDP untuk melayani masyarakat dan para wisatawan yang ingin mengunjungi Kawasan Danau Toba dan sekitarnya. 

Kehadiran dua unit bus air, KMP Jurung-Jurung dan KMP Asa-Asa ini juga melengkapi layanan penyeberangan oleh ASDP melalui pengoperasian 3 kapal di kawasan Danau Toba, yakni KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba dan KMP Ihan Batak. 

"Kami mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepada ASDP untuk mengoperasikan kapal dan bus air di Kawasan Danau Toba ini. Kami berkomitmen akan konsisten menghadirkan layanan prima jasa pelabuhan dan penyeberangan yang andal, cepat, lancar, aman, nyaman dan berkeselamatan," ujarnya, dilansir Kosadata.com, dari siaran media, Rabu (18/1/2023).

Bus Air KMP Jurung-Jurung dan KMP Asa-Asa memiliki spesifikasi 70 GT dengan kapasitas angkut 60 orang penumpang. KMP Jurung-Jurung melayani lintasan Tongging - Silalahi dengan jarak tempuh 4 mil. Sedangkan KMP Asa-Asa melayani lintasan Muara - Baktiraja, dengan jarak tempuh 6 mil. Adapun besaran tarif untuk dewasa Rp 15.000,- dan Bayi Rp 1.500,-

"KMP Jurung-Jurung telah beroperasi perdana pada 20 Desember 2022, diikuti KMP Asa-Asa pada 22 Desember 2022. Kehadiran dua unit bus air ini tentu semakin


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0