Dua Korporasi Besar Gunakan 6.861 MWh Energi Bersih via REC

Ida Farida
Mar 01, 2023

KOSADATA - PT PLN (Persero) kembali menyalurkan energi bersih melalui Renewable Energy Certificated (REC) kepada dua korporasi besar. Sedikitnya, ada 6.861 Megawatt hour (MWh) disalurkan melayani dua perusahaan multinasional yaitu PT Frisian Flag Indonesia dan Ramsay Sime Darby Health Care yang menaungi Rumah Sakit Premiere Bintaro, Jatinegara, dan Surabaya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, pihaknya terus memberikan berbagai opsi layanan energi bersih untuk menjawab kebutuhan industri di seluruh tanah air. Lewat REC, PLN menyalurkan listrik berbasis Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang diakui secara internasional bagi seluruh pelanggan, termasuk industri.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan energi bersih untuk mendukung terciptanya green industry di Indonesia. Lewat REC, para pelanggan bisa turut serta mengampanyekan transisi energi dari berbasis energi fosil ke energi yang lebih bersih," ujar Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis, Rabu (1/3/2023).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jakarta Raya) Doddy B. Pangaribuan merinci, PT Frisian Flag Indonesia menyerap 4.461 unit REC atau setara 4.461 MWh energi bersih. Sementara, Ramsay Sime Darby Health Care menyerap 2.400 unit atau setara 2.400 MWh energi bersih dari REC.

Doddy mengatakan PLN siap memenuhi kebutuhan pelanggan industri di Jakarta dan sekitarnya yang hendak beralih ke energi bersih. Lewat REC, produk hasil industri mampu memenuhi aspek keberlanjutan dalam implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG).

"Bagi pelanggan korporat, tentunya REC ini bisa menjadi solusi cepat dan mudah untuk mendapatkan energi dari EBT yang dulunya sistem ini hanya ada di luar negeri, kini PLN bisa menyediakan REC berstandar internasional," kata Doddy.

Di sisi


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0