Dukung Proyek Strategis Nasional, PLN Pasok Listrik Andal untuk Stasiun Kereta Cepat Halim

Potan Ahmad
May 12, 2023

KOSADATA - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya siap mendukung Proyek strategis nasional pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), khususnya Stasiun Halim, salah satu stasiun di wilayah Jakarta dari empat stasiun yang dilintasi kereta cepat di fase awal. 

PLN mensuplai listrik dengan total daya hingga 10,38 MVA yang terdiri dari 2 ID Pelanggan menggunakan tarif layanan khusus. Penyaluran tenaga listrik ke Proyek KCJB Stasiun Halim ini dilaksanakan sesuai target energize atau power-on yaitu pada tanggal 18 April 2023. 

“Apresiasi untuk PT KCIC, saya paham pembangunan proyek strategis ini merupakan proses yang panjang. Semoga progressnya berjalan lancar dan berkembang sampai ke kota-kota tujuan lain selain Bandung dan Jakarta.” ungkap Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya, saat menyerahkan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik kepada pihak KCIC pada Kamis, 11 Mei 2023. 

Sebelumnya, PT KCIC juga menggunakan listrik sementara sebesar 197 kVA dan 53 kVA untuk pembangunan Gedung Kantor dan pembangungan awal site KCJB Stasiun Halim di Tol Jakarta - Cikampek KM 0+800 yang berlangsung sejak tahun 2019 hingga tahun 2021. Saat ini kantor KCIC juga telah dilayani dengan listrik PLN berkapasitas 500 kVA. Sedangkan daya listrik sebesar 10,38 MVA di Stasiun Halim digunakan untuk sarana operasional stasiun kereta listrik yang berkecepatan 350 km/jam. Selain itu juga untuk melistriki kawasan Stasiun Halim yang direncanakan menjadi superblok berupa kantor, hotel, supermall, dan hotel. 

Allan Tandiono, Direktur Project Management Office KCIC, menyatakan terima


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0