Empat Rumah Warga Rusak Berat Akibat Longsor di Cigombong Bogor

Potan Ahmad
Feb 20, 2023

 

 

KOSADATA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebut, terdapat empat rumah milik warga mengalami rusak berat akibat longsor menerjang Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan, longsor disebabkan curah hujan tinggi ditambak tidak ada saluran air. Peristiwa itu terjadi pada Minggu 19 Februari 2023 disebabkan curah hujan tinggi ditambak tidak ada saluran air.

"Telah terjadi longsor pada tebingan (TPT) teras dan kamar dengan posisi rumah yang berdempetan dikarenakan hujan dengan kurun waktu yang cukup lama ditambah tidak adanya saluran pembuangan air membuat tanah yang berada di atasnya gembur," kata Jalal dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini. Hanya saja warga yang rumahnya rusak berat mengungsi sementara ke sanak saudaranya.

Adapun longsoran itu memiliki panjang sekitar 10 meter dengan tinggi 8 meter. Dalam kejadian ini, terdampat 4 rumah milik warga yang dihuni 4 KK dengan 17 jiwa mengalami kerusakan berat.

"Ada juga dua rumah yang terancam," jelasnya.

Saat ini, material longsoran belum dibersihkan karena di lokasi masih rawan longsor. Untuk sementara, petugas memasang terpal di lokasi kejadian.

"Hasil analisa anggota di lokasi perlu penangan lebih lanjut dari dinas terkait mengingat kondisi tanah yang masih labil dan rawan longsor," pungkasnya.

 

Related Post

Post a Comment

Comments 0