FAKTA: Masalah Kali Ciliwung Gagal Dirampungkan Anies, Segera Tuntas Ditangan Heru

Sani Ichsan
Feb 22, 2023

KOSADATA - Ketua Forum Warga Kota (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan menyampaikan, dalam kurun waktu satu bulan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah dua kali meninjau proyek infrastruktur di kali Ciliwung.

Pertama, terkait pembangunan sodetan Ciliwung - Banjir Kanal Timur (BKT) beberapa hari lalu dan kedua pada Selasa (21/2) ini, Jokowi meninjau proyek normalisasi di di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Selatan.

Kedua proyek itu, kata Tigor, pernah mangkrak beberapa lama pada era Gubernur sebelumnya yakni Anies Baswedan dan kini dikebut oleh Gubernur saat ini, Heru Budi Hartono. Normalisasi Ciliwung diketahui tinggal 17 Kilometer lagi untuk diselesaikan.

"Pada hari Selasa ini, kembali Presiden Jokowi mengunjungi proyek penanganan banjir Jakarta di sungai Ciliwung. Lancarnya air dari sungai Ciliwung lalu dialirkan ke BKT maka bisa mengurangi banjir Jakarta akibat dari meluapnya sungai Ciliwung," ujar Tigor, Selasa (21/2/2023).

"Target Gubernur Jakarta sekarang, Heru Budi Hartono bulan April mendatang sudah selesai dan air dari sungai Ciliwung sudah bisa mengalir lancar ke BKT," lanjutnya.

Tigor menuturkan, pengecekan oleh Jokowi terhadap pengerjaan proyek Ciliwung penting dilakukan guna memastikan proyek berjalan sesuai target yang ditetapkan.

"Begitu pula dengan normalisasi sungai Ciliwung yang ditinggal mangkrak oleh bekas Gubenur Jakarta, Anies Baswedan, sekarang ini dikebut oleh Gubernur Jakarta sekarang Heru Budi," sebutnya.

Tigor menuturkan, penyelesaian normalisasi dan sodetan sungai Ciliwung merupakan satu paket yang diselesaikan dalam waktu singkat oleh Heru Budi Hartono. Proyek di sungai Ciliwung itu, lanjutnya, menjadi salah satu kunci agar Jakarta tidak banjir lagi. 

Menurutnya, sudah


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0