Fenomena El Nino, Mendagri Berpesan ke Heru Mitigas Potensi Kebakaran dan Kekurangan Air

Ida Farida
May 23, 2023

KOSADATA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian, mengingatkan kepala pemerintah daerah (Pemda), termasuk Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono agar mewaspadai terjadinya fenomena El Nino yang akan memengaruhi cuaca di berbagai daerah.

Dia meminta setiap kepala daerah untuk memitigasi potensi fenomena El Nino agar tidak mengganggu program pengendalian inflasi.

"Pemda perlu mewaspadai fenomena El Nino karena sejumlah lembaga memprediksi Indonesia bakal mengalami fenomena yang dapat mengakibatkan kekeringan, dan berkurangnya sumber air bersih di beberapa wilayah itu," ujar Tito dalam keterangan tertulis, Selasa (23/5/2023).

Dia mencontohkan, akibat adanya fenomena El Nino di Malaysia, masyarakat di Negeri Jiran saat ini sedang dilanda panic buying atau pembelian secara berlebihan karena merasa takut produk air mineral ludes terjual.

“Kalau sudah air mineral sebagai salah satu kebutuhan dasar (mengalami kelangkaan), itu akan terjadi panic buying. Otomatis berlaku hukum market demand (permintaan pasar) tinggi, harga akan naik," kata Tito.

Lebih lanjut, Tito menyampaikan kenaikan harga itu secara tidak langsung akan memicu terjadinya kenaikan angka inflasi.

Oleh karena itu, tegas dia, pemda perlu mewaspadai terjadinya fenomena El Nino, khususnya di Sumatera bagian timur, seperti Riau, Jambi, dan sekitarnya yang rentan mengalami kebakaran lahan dan hutan.

"Itu yang perlu kita jaga, hati-hati. Semua memang sudah tahu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI/Polri dan pemda-pemda setempat saya kira sudah menyiapkan dan sudah bekerja. Ini yang perlu kita waspadai," ungkap  Tito.

Di samping itu, ia juga mengatakan dampak lain dari El Nino adalah masalah panen karena kekeringan yang disebabkan oleh fenomena itu dapat menghambat panen.

Untuk itu, Tito


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0