Golkar Lirik Khofifah untuk Cawapres Airlangga, Pengamat: Kuat Basis NU

Peri Irawan
Feb 15, 2023

KOSADATA - Elit Golkar Jawa Timur (Jatim) mendorong ketua umumnya, Airlangga Hartarto untuk memilih Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai kandidat calon wakil presiden (Cawapres Airlangga dalam pertarungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menyikapi keinginan kader Golkar tersebut, Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Partai Golkar akan diuntungkan jika menggaet Khofifah dalam Pilpres nanti. Sebab Khofifah mempunyai basis Nahdlatul Ulama (NU) yang cukup besar di Jawa Timur.

Terlebih saat ini Khofifah menduduki orang nomor satu di Jawa Timur tersebut di mana NU mempunyai massa yang banyak di wilayah Jawa, khususnya Jatim.

"Ya kenapa Bu Khofifah itu menarik ya, karena pertama Jawa adalah kunci untuk memenangkan, jawa itu harus merebut daerah-daerah toritorial zonasi wilayah pertempuran primer wilayah penentu," ujar Pangi kepada wartawan, Rabu (15/2/2023).

Menurut Pangi, sosok yang menguasai Pulau Jawa kemungkinan besar mempunyai tiket kemenangan pada Pilpres. Maka tak salah jika Partai Golkar menjagokan Khofifah sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Airlangga, karena Khofifah namanya melejit di Jawa.

"Wilayah penentu kemenangan itu Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI, Banten, Jawa Barat itu lumbung elektoral. Itu yang menjadi penentu kemenangan nah jawa timur menjadi wilayah pertempuran," paparnya.

Kata Pangi, ada tiga pertimbangan yang mesti diketahui parpol dalam menimang kandidat calon wakil presiden. Pertama memiliki elektabilitas, kedua pertimbangan wilayah dan terakhir pertimbangan basis massa.

Memang, lanjut dia, secara elektabilitas Khofifah tidak terlalu menonjol, tapi mempunyai basis wilayah yang lebih nyata. Maka potensi besar Khofifah bisa mendulang suara di Jatim, lantaran punya basis.

"Perempuan itu


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0