Hasil Survei NSN Kepuasan Publik Kinerja Pj Gubernur Heru Budi 65 Persen

Potan Ahmad
Mar 17, 2023

KOSADATA - Kepuasan publik terhadap Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencapai 64,5 persen.

Survei yang dilakukan Nusantara Strategic Network (NSN) juga menyebutkan 23,8 persen yang merasa tidak puas, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 11,7 persen.

"Sebanyak 64,5 persen publik Ibu Kota merasa puas terhadap kinerja Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono," kata Direktur Program NSN Riandi, dilansir dari Antara, Kamis (16/3/2023).

Namun demikian Riandi mengatakan, kepemimpinan Pj Heru Budi dinilai memberi harapan bagi warga Jakarta.

"Hadirnya Heru memberikan angin segar dan optimisme baru bagi publik Ibu Kota," ujarnya.

Sejumlah gebrakan Heru menjadi faktor di balik tingginya tingkat kepuasan publik. Begitu dilantik, Heru membuka kembali layanan pengaduan secara langsung di Balai Kota.

"Pengaduan langsung merupakan simbol transparansi birokrasi, dengan tidak menutup layanan daring melalui aplikasi JAKI," Aucap Riandi.

Gebrakan Heru berikutnya terkait dengan masalah utama Ibu Kota yang juga menjadi perhatian Presiden Jokowi, yaitu kemacetan lalu-lintas, pengendalian banjir, dan persoalan tata ruang.

"Heru bersinergi dengan Menteri BUMN dalam hal layanan transportasi umum," kata Riandi.

Soal banjir, Heru melakukan blusukan untuk melihat langsung kesiapan aparatur dan peralatan yang ada.

"Puncaknya, Jokowi memberi pujian khusus atas keberhasilan Heru menuntaskan pembebasan lahan untuk proyek sodetan Ciliwung, bagian dari normalisasi," tutur Riandi.

Selain konsolidasi internal birokrasi Pemprov dan pusat, Heru Budi juga merangkul tokoh-tokoh dan organisasi kemasyarakatan.

"Meskipun demikian tentu saja banyak hal yang harus menjadi perhatian Heru, khususnya masalah klasik kemacetan dan banjir," ujar Riandi.

Nusantara Strategic Network (NSN) melakukan survei pada 21-28 Februari


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0