Hindari Minum Kopi Bagi Anda Penderita Penyakit Ini

Ida Farida
Jan 19, 2024

Ilustrasi: pixabay

KOSADATA - Sebagian besar masyarakat Indonesia tak bisa melewatkan dari sajian kopi, baik kopi murni atau campuran. Bahkan, ada istilah 'hidup nggak lengkap jika tidak ngopi'.

 

Kini, menikmati kopi mulai menjadi gaya hidup sejumlah kalangan masyarakat. Selain mendapatkan manfaat kesehatan dengan beragam zat di dalamnya, kopi juga ternyata menjadi pantangan bagi sejumlah penderita penyakit karena dapat memperparah kondisi kesehatan.

 

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, berikut sejumlah penyakit yang tidak memperbolehkan Anda untuk minum kopi:

1. Glaukoma

Tekanan intraokular meningkat pada penderita glaukoma saat mengonsumsi kopi, jadi disarankan untuk menghindari. Penelitian menyebut minum kopi dalam jumlah besar meningkatkan risiko glaukoma pada mereka yang punya kecenderungan peningkatan tekanan mata.

 

2. Penyakit Jantung

Kafein dari kopi dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan darah dan detak jantung, penting bagi siapa pun yang memiliki penyakit jantung untuk berkonsultasi dengan dokter tentang apakah atau berapa banyak kopi yang aman untuk dikonsumsi.

 

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan ada potensi lonjakan tingkat tekanan darah dalam jangka pendek saat minum kafein. Namun, tidak ada cukup bukti konklusif mengenai efek jangka panjang terhadap kesehatan jantung.

 

3. Kandung Kemih

Terlalu Aktif Asupan kafein dapat meningkatkan frekuensi dan urgensi buang air kecil. Jika Anda tidak rutin minum kopi, mungkin lebih sensitif terhadap efek ini.

 

4.Gangguan Tidur

Kebiasaan minum kopi karena kurang tidur akan memperparah siklus kurang tidur dan kelelahan. Meskipun minum kopi di sore hari tidak memengaruhi tidur, tapi hal itu dapat memengaruhi kualitas tidur.

 

Hindari kafein setidaknya enam jam sebelum tidur. Kafein yang dikonsumsi bahkan enam jam


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0