|

IKAL Lemhannas DKI Dukung Heru Wujudkan Mimpi Soekarno Jadikan Ancol Berkelas Dunia

Eka Putri
Jan 24, 2023
0
1 minute

KOSADATA – Sekretaris Ikatatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas DKI Jakarta, Dadang Solihin mengatakan, Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol sangat berpotensi menjadi destinasi unggulan kelas dunia yang dimiliki Jakarta. Pasalnya, semua komponen yang menunjang ke arah tersebut sudah dimiliki oleh Ancol.

Dadang menuturkan, Ancol merupakan salah satu impian besar Presiden pertama RI, Soekarno. Menurutnya, Soekarno sangat terpikat oleh keindahan Hawaii sehingga ia berambisi membangun Ancol menjadi Kawasan yang diperhitungkan dunia. Dengan kata lain, lanjutnya, Ancol menyimpan banyak sejarah dalam kehidupan bangsa ini.

“Jika kita lihat bahwa Presiden Soekarno punya mimpi besar menjadikan Ancol wisata kelas dunia sampai dijadikan mandataris untuk mengerjakan proyek Ancol saat itu. Mimpi ini memang tidak bisa dijalankan sendiri alias harus kerjasama multi pihak. Saya kira Pak Heru punya kans mewujudkan mimpi Pak Karno itu,” ujar Dadang di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Dadang menjelaskan, permintaan Soekarno terlontar setelah ayah Ketua Umum PDIP itu meninjau Disneyland saat kunjungan ke Amerika Serikat di tahun 1956 dan menjadi Presiden pertama di Dunia yang berkunjung ke sana. 

Mantan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata era Anies Baswedan ini menyampaikan bahwa untuk menjadi Kawasan wisata kelas dunia, setidaknya Ancol kini sudah memiliki tiga A sebagai syarat utama. 

Yakni; Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas. Menurutnya, bahkan di Ancol terdapat beberapa spot wisata yang cukup melegenda dan menjadi salah satu ciri khas pariwisata nasional.

“Setidaknya kawasan wisata untuk menjadi kelas dunia itu harus memiliki tiga A. yaitu Atraksi dimana dia harus meliputi destinasi wisata berupa wisata alam, budaya, dan buatan yang menarik. Kemudian Aksesibilitas, yaitu infrastruktur menuju kawasan wisata tersebut dan infrastruktur pendukung destinasi wisata, seperti bandara kelas internasional harus menunjang," ungkapnya.

Dan A ketiga, lanjut Dadang, adalah Amenitas. Seperti fasilitas umum bintang lima mulai dari hotel, restoran, toko cinderamata, taman hingga fasilitas kesehatan dan fasilitas umum lainnya,” ujar Pakar Pariwisata yang kini menjadi Taprof Lemhannas ini.

“Ancol sudah punya syarat dasar itu, dan bahkan lebih dari sekedar sarat tiga A. Dan pada periode Pak Heru Budi Hartono ini adalah kesempatan baik menjadikan Ancol menjadi wisata dunia. Sinergi yang dibangun Pak Heru dengan Pemerintah Pusat yang dijalin dengan baik jadi satu peluang bagus sehingga perlu mendapat dukungan dan dorongan semua pihak,” pungkasnya.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News