Ingat! Pemenang Pilpres Ditentukan Rakyat, Bukan Penguasa

Isma Nanik
Feb 19, 2023

KOSADATA - Koalisi Perubahan seolah sedang melawan kekuatan besar. Hanya dihuni tiga partai politik (Parpol), NasDem, PKS dan Demokrat terkesan mereka seperti dikeroyok oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), dan PDI Perjuangan.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga melihat wajar apabila KIB, KKIR dan PDI Perjuangan dianggap sebagai kekuatan besar. Sebab, siapa pun pasangan capres yang mereka usung diperkirakan orang-orang Joko Widodo.

"Kelompok KIB, KKIR, dan PDIP yang akan mengusung capres untuk melanjutkan program Jokowi. Karena itu, siapa pun capres yang mereka usung bertujuan untuk mempertahankan status quo," kata Jamiluddin Ritonga saat dikonfirmasi, Minggu (19/2/2023).

Menurut dia, dengan melihat fakta saat ini akan ada kecenderungan dua kelompok calon presiden (Capres) yang akan diusung dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti.

Kelompok pertama, rakyat yang menilai arah pembangunan saat ini sudah baik, kemungkinan besar mereka akan memilih capres yang akan mempertahankan status quo. Karena itu, rakyat kelompok ini berpeluang memilih pasangan capres yang diusung KIB, KKIR, atau PDIP.

Kelompok kedua, pasangan capres yang akan mengusung perubahan. Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS menilai arah pembangunan saat ini perlu dikoreksi karena menimbulkan ketidakpuasan sebagian rakyat.

Rakyat yang merasa tidak puas terhadap arah pembangunan Jokowi, tentunya berpeluang memilih pasangan capres yang diusung Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS. Karena itu, pilihan kompak ini bisa jadi tertuju pada Anies Baswedan.

"Karena itu, pasangan capres mana yang menang akan ditentukan perbedaan persentase pemilih yang pro status quo dan pro perubahan. Kalau lebih banyak pemilih yang pro status quo, maka yang berpeluang menang pasangan capres yang diusung KIB atau


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0