Kakorlantas : Penerapan Delaying System Dorong Antrian Kendaraan menuju Pelabuhan Cepat Terurai

Dian Riski
Apr 06, 2024

Konpress pantauan arus mudik di lintas penyeberangan pelabuhan Merak. Foto dok ASDP

KOSADATA - Puncak arus mudik penyeberangan terjadi mulai Sabtu (6/4) dini hari di lintas Merak - Bakauheni, dimana volume kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak-Banten mengalami kenaikan sebesar 5 persen, dan memicu terjadinya antrian pada arus mudik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan sebanyak lebih dari 55.000 kendaraan bergerak menuju pelabuhan Merak.

"Memang volume kendaraan tadi malam sampai tadi pagi ke arah Merak itu ada peningkatan sekitar 5% lebih jadi ada 55.000 lebih untuk kendaraan yang mengarah ke Merak," ujar Aan, Sabtu (6/4). 

Menurutnya, pihak Kepolisian telah melakukan delaying system sebagai upaya rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

"Kita adakan delaying system, mulai tadi malam kita lakukan ada penambahan delaying system di KM 13 di Tangerang," ujarnya. 

Aan mengatakan telah bekerjasama dengan stakeholder penyeberangan untuk mengurai kepadatan di pelabuhan seperti penambahan kapal, mempercepat bongkar muat barang dan sebagainya. 

Laporan Kakorlantas tersebut sejalan dengan pantauan pergerakan reservasi aplikasi Ferizy yang menunjukan ketersediaan tiket penyeberangan untuk roda empat rute Merak tujuan Bakauheni telah habis terjual. 

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno memperkirakan pergerakan arus lalu lintas di Pelabuhan Merak hari ini pada Sabtu (6/4) merupakan puncak arus mudik Lebaran kali ini dan memprediksi besok sudah mulai mengalami penurunan. 

“Kalau melihat hari ini merata ya, karena mulai dari tadi malam dan kalau saya lihat


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0