Kembangkan Batik Tasik, Relawan Ganjar Ingin Dongkrak Ekonomi Pemuda

Joeang Elkamali
Mar 15, 2023

KOSADATA - Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Orang Muda Ganjar (OMG) terus mendorong para pemuda untuk mengasah bakat dan kemampuan dalam pengembangan budaya lokal. Salah satunya, OMG Jawa Barat mengajak pemuda untuk mengembangkan Batik Tasikmalaya.

Pihaknya menggelar Workshop Lukis Batik Tasikmalaya guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemuda setempat.

"Pertimbangan kami mengangkat workshop ingin menunjukkan bahwa Tasikmalaya punya kearifan lokal pada industri seni dan budaya, sehingga potensi pengembangannya bisa ditingkatkan," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) OMG Jawa Barat, Gilang Gemahesa dalam keterangan pers, Rabu (15/3/2023).

Lebih lanjut, kata dia, kegiatan yang diadakan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemuda di wilayah setempat. Guna memberikan peluang ekonomi baru melalui kerajinan batik tulis khas Tasikmalaya.

Batik itu sendiri memiliki berbagai cara dalam teknik pembuatannya seperti batik tulis/canting, cap, kombinasi, ikat celup, lukis/colet dan printing.

"Dari hasil pertemuan kami beberapa hari sebelumnya, memang yang jadi peluang di sini salah satunya mengembangkan kerajinan (batik) itu. Tasik khasnya pada batik tulis, karena masyarakat setempat memiliki antusias dan kemauan lebih, khususnya pada industri kreatif," imbuh Gilang.

Selanjutnya, sambung dia, OMG akan terus memberikan pendampingan secara berkelanjutan kepada pemuda setempat hingga implementasinya dapat dirasakan oleh warga setempat.

"Kami berupaya terus bersinergi bersama pemuda setempat hingga giat tersebut berdampak dan memiliki nilai manfaat untuk wilayah setempat. Contoh, seperti pelatihan berkesinambungan, membuka semacam galeri atau gerai dikelola pemuda setempat," katanya.

Gilang mengatakan, selain itu, OMG juga memberikan bantuan peningkatan fasilitas olahraga dengan memberikan seperangkat


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0