Kembangkan Desa Wisata, PLN Serap 4.019 Tenaga Kerja Lokal di Indonesia Timur

Ida Farida
Jan 30, 2023

KOSADATA - Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memastikan, pihaknya terlibat aktif dalam pengembangan desa wisata dan isu-isu lingkungan hingga pemberdayaan komunitas melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Hal ini dilakukan selaras tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) dan ISO 26000, bahwa PLN akan memberikan dampak sosial kepada masyarakat melalui program–program TJSL PLN.

Bahkan, program TJSL ini mampu menyentuh 38.390 masyarakat di wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Sulmapana) sepanjang 2022. Dari catatannya, sebanyak 1.440 usaha masyarakat mampu tumbuh sehingga membuka lapangan pekerjaan baru dengan realisasi serapan tenaga kerja lokal sebanyak 4.019 tenaga kerja melalui program TJSL.

"Selain membangun infrastruktur kelistrikan yang andal, PLN juga akan terus menjalankan program-program yang membantu kesejahteraan masyarakat. Tahun 2022 kami fokus pada program pengembangan UMK, pengembangan desa wisata, penanganan isu–isu sosial, lingkungan hidup dan ekosistem serta pemberdayaan komunitas," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Senin (3/1/2023).

Dia mengungkapkan, TJSL PLN hadir lewat 473 program yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Program tersebut mulai dari pembinaan, proses produksi, pemasaran, peningkatan skill dan bantuan perlengkapan bagi usaha masyarakat, juga program pemberdayaan lingkungan dan sosial bagi masyarakat sekitar wilayah unit-unit operasional PLN.

"Kami berusaha menyusun _roadmap_ dari setiap program, memperhatikan proses pemanfaatan bantuan tersebut, kemudian kami melakukan penilaian dan perhitungan efektifitas program itu menggunakan metode Social Return of Invesment (SROI)," sambung Darmawan.

Darmawan menambahkan, ke depan PLN akan terus meningkatkan dan mendorong lahirnya pemerataan dan perkembangan ekonomi masyarakat melalui program TJSL PLN peduli. Dengan pendampingan dan pelatihan keterampilan kelompok UMK, PLN berharap bisa mendorong


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0