Kenapa Burung Kakatua Pintar? Ini Jawabannya

Potan Ahmad
Feb 16, 2023

KOSADATA - Burung kakatua hinggap di jendela. Tentu hampir ssmua orang Indonesia tahu lirik lagu itu. Kehadiran lagu itu tidak lepas dari kepintaran burung kakatua.

Burung kakatua yang berevolusi 95 juta tahun yang lalu di benua kuno Gondwana merupakan beberapa burung terpintar yang ada.

Burung kakatua dikenal sebagai salah satu hewan yang pintar. Istilah "kakatua yang pintar" tidak muncul begitu saja.

"Mereka setara dengan simpanse dalam hal kecerdasan," kata pakar burung Profesor Gisela Kaplan dari Universitas New England. 

Ini karena mereka mengemas banyak neuron ke dalam otak mereka, yang diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan pemrosesan yang kompleks.

"Hal itu mendorong hewan ini untuk menggunakan kaki yang satu dibandingkan kaki lainnya. Dan kakatua jambul kuning ini kidal," sambung Gisela.

"Mereka bisa menyeimbangkan diri dengan satu kaki sementara mereka makan dengan kaki lainnya," lanjut Gisela.

Mereka juga mampu mempelajari segala macam hal baru yang membantunya bertahan hidup di lingkungan yang berbeda, bahkan di kota.

Kakatua jambul kuning adalah salah satu spesies kunci yang menjadi target proyek sains warga Big City Birds, yang mempelajari seberapa pintar burung dapat beradaptasi dengan kehidupan di kota

Misalnya, beberapa kakatua telah belajar cara membuka tempat sampah untuk mencari makanan dan membuka keran saat mereka haus.

Tampaknya burung tersebut mempelajari keterampilan ini dengan meniru


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0