Kolaborasi PLN dan Pemkot Jakarta Utara, Warga Kelurahan Tugu Utara Nikmati Air Layak Minum

Potan Ahmad
Mar 22, 2023

KOSADATA - Teknologi water treatment dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya berhasil mengubah air keruh menjadi layak konsumsi di RW 001 Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Program ini merupakan kolaborasi PLN dengan Pemprov DKI Jakarta, Kota Jakarta Utara. 

Melalui sarana water treatment ini, air sumur resapan dan tampungan air hujan diolah melalui teknologi menjadi air yang berkualitas dan dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga. 

Januar Adi, Ketua RW 001 Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, mengungkapkan rasa syukur atas bantuan pengelolaan air bersih untuk warganya. 

“Sebelumnya, kadar TDS air di lingkungan kami tercatat sebesar 482, tidak layak minum, bahkan untuk budidaya ikan dan anggur harus kami endapkan dulu. Kini, tidak perlu lagi dan masyarakat bisa langsung merasakan manfaatnya," kata Januar. 

Sebelum pengolahan air didapat angka TDS 482, mengandung kadar zat besi tinggi dan tidak layak untuk diminum. Setelah program water treatment angka TDS menunjukkan 162 dan PH 6,9, artinya baik untuk diminum dan dapat dikonsumsi warga sekitar, termasuk untuk budidaya ikan dan anggur yang memang dikelola oleh warga sekitar. 

TDS (Total Dissolved Solid) merupakan salah satu indikator untuk memastikan air yang dikonsumsi bersih dan bebas dari berbagai zat berbahaya. Standar air baik untuk diminum antara 50-250. 

Camat Koja Samsu Rizal Kadafi, menyatakan apresiasi atas


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0