Kosta Rika Distribusikan Air Bersih Secara Merata, Heru Budi Ajak PAM Studi Banding

Ida Farida
Jan 27, 2023

KOSADATA - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akan mengajak Perumda PAM Jaya untuk melakukan studi banding ke negara Kosta Rika dan Panama dalam mengelola air bersih. Rencana tersebut diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat bertemu dengan Duta Besar RI untuk Panama, Honduras, Kosta Rika dan Nikaragua, Sukmo Harsono.

Studi banding tersebut akan dilakukan untuk melihat sistem pengelolaan air bersih di Kosta Rika dan optimalisasi pengelolaan kawasan wisata Kota Tua di Panama. “Tadi diceritakan bagaimana sistem pengelolaan air bersih  di Kosta Rika yang sudah sangat baik, dan pengelolaan Kota Tua di Panama yang mampu mendatangkan daya tarik turis sehingga banyak dikunjungi,” ujar Heru di Balai Kota DKI, Jumat (27/1/2023).

Heru berharap kegiatan studi banding akan bermanfaat baik bagi Jakarta, maupun negara-negara di Amerika Tengah tersebut. “Saya mendukung kerja sama untuk memajukan kota. Dengan studi banding, harapannya nanti terjadi tukar informasi yang membawa manfaat bagi masing-masing pihak. Apa pun yang baik bagi warga Jakarta, harus bisa Pemprov DKI tingkatkan terus,” katanya.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Panama, Honduras, Kosta Rika dan Nikaragua, Sukmo Harsono menjelaskan keunggulan negara Kosta Rika dalam hal pengelolaan air, seperti distribusi air yang merata diterima seluruh masyarakat.

"Menariknya lagi, perizinan mendirikan hotel dan bangunan tidak akan diberikan jika ditemukan ada sungai di bawah tanah. Karena mereka wajib untuk membeli air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sehingga tidak lagi mudah mengambil air tanah," terang Sukmo Harsono.

Apalagi Sukmo mendapatkan informasi bahwa Pemprov DKI akan mengambil alih pelayanan dan pengelolaan air bersih dari


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0