Libur Imlek di Jakarta, Susuri Pecinan di Petak Sembilan

Ida Farida
Jan 20, 2023

KOSADATA - Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. Pemerintah pun menetapkan Senin, 23 Januari 2023 menjadi hari cuti bersama. Akhir pekan ini menjadi momen libur panjang bagi warga Jakarta. Namun, kita tak perlu ke luar kota. Di Jakarta, banyak destinasi wisata budaya China. Salah satunya, kawasan Petak Sembilan di Jakarta Barat.

Petak Sembilan dan sekitarnya menjadi kawasan lengkap mulai dari agama, budaya, pariwisata, sosial hingga ekonomi. Lokasinya ada di daerah Glodok, Jakarta Barat. Ada banyak pilihan alternatif kendaraan untuk mengantar Anda ke sana. Jika menumpang commuter line (CL) atau kereta, pilih jurusan Stasiun Kota, mentok, jalan kaki saja melewati Asemka ke arah Glodok. Patokannya, Pantjoran Tea House.     

Untuk pecinta busway, TransJakarta, pastikan Anda memilih jurusan Glodok. Dari halte Glodok, jalan santai ke arah Petak Sembilan sekitar 15 menit.

Tiba di kawasan Petak Sembilan, dijamin asmosfernya terasa berbeda. Tidak hanya penjual, pengunjungnya pun mayoritas dari etnis Tionghoa. Tidak jarang, di sana koko dan cici berkomunikasi, berinteraksi dan bertransaksi dalam bahasa Mandarin, termasuk bahasa ibunya, hokkian dan khek.

Di jalan utama,  nampak toko obat-obatan tradisional Cina; Tay Seng Ho, Hauw-Hauw, Bang Seng dan masih banyak lagi. Bahkan, masih ada toko dan kios pernak-pernik  peralatan sembahyang bagi umat Budha dan Kong Ho Cu yang hanya bertuliskan aksara Cina.

Salah satu pemilik toko obat-obatan Cina, Afung menjelaskan usahanya adalah warisan dari ayahnya. Dia mengaku sebagai keturunan kedua yang lahir di Indonesia. Selain obat-obat tradisional Cina, kita juga ada sinshe (tabib) dan peramal, ujarnya dengan cengkok khas Betawi sembari tersenyum ramah.

Yang menarik, masuki saja


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0