LPKAN dan LKHAI Konsolidasi dengan Kementerian dan Lembaga untuk Pencegahan Korupsi

Abdillah Balfast
Feb 24, 2023

KOSADATA - Maraknya operasi tangkap tangan (OTT) yang akhir-akhir ini dilakukan oleh lembaga penegak hukum terhadap pelaku tindak pidana korupsi mendapat perhatian dari sejumlah pihak. Padahal, tindakan tersebut dapat ditekan bila unsur pencegahan dapat dimaksimalkan.

Guna mencari solusi terkait dengan meningkatnya OTT tersebut, Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara (LPKAN) Indonesia dan Lembaga Kajian dan Advokasi Indonesia (LKHAI) menggelar  Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Analisis dan Evaluasi Pencegahan Kejahatan Korupsi di Indonesia” yang diselenggarakan di Jakarta, pada Rabu (22/2/2023).

Sekretaris Eksekutif Mohammad Syarifudin Abdillah, S.H., M.H, mengatakan tujuan dari FGD ini untuk membantu pemerintah dalam menganalisa dan mengevaluasi tentang konsep pencegahan dalam penanganan korupsi di Indonesia.

Abdillah menilai proses penegakkan hukum selama ini masih cenderung pada penindakan ketimbang memaksimalkan pencegahan korupsi. Kendati demikian, dirinya tetap mengamini upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh penegak hukum.

"Dengan FGD ini, kami akan memberikan rekomendasi kepada penegak hukum terkait konsep dan metode pencegahan korupsi. Sebab dengan adanya OTT yang kerap dilakukan oleh KPK kami masih mengedepankan tindakan represif ketimbang pendekatan preventif. Artinya, fungsi pencegahannya belum dimaksimalkan," ungkap Abdillah.

Untuk itu, lanjut Abdillah, diperlukan sebuah konsep program pencegahan yang sistematis serta terukur. Di mana metode ini tidak nampak dalam penanganan tindak pidana korupsi di Indonesia.

"Negara telah memiliki instrumen penegakan hukum, di antaranya Kejaksaan, Kepolisian dan KPK, dalam melakukan proses penegakkan hukum. Kemudian didukung oleh instrumen lainnya seperti BPK dan inspektorat," ujarnya.

Di sisi lain negara juga memiliki badan supervisi yaitu KPK yang diharapkan mampu memberikan sebuah konsep  pencegahan berikut dengan metode dan programnya, sehingga mampu menjadi penghubung yang


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0