Membuat Ketupat Lebaran, Simple dan Gurih Ala Tangan Sendiri

Widihastuti Ayu
Mar 08, 2023

KOSADATA - Bagi sebagian besar keluarga, ketupat lebaran menjadi makanan wajib saat Hari Raya Idulfitri. Ketupat lebaran, biasanya menjadi sajian utama para keluarga, bahkan selalu ditawarkan ke tamu-tamu yang datang saat Hari Raya Idulfitri.

Ketupat lebaran ini penuh kenikmatan kala disandingkan dengan menu berkuah santan. Ada gulai, opor ayam, atau lainnya.

Membuat ketupat lebaran di rumah bisa menjadi hal yang sangat mengasyikkan. Ini resep ketupat lebaran gurih dan nikmat untuk keluarga anda.

1. Untuk cangkang ketupat, anda bisa membeli di pasar yang sudah jadi atau bisa menganyamnya sendiri.
2. Bagi yang akan menganyam sendiri, belilah daun kelapa yang masih muda. Daun kelapa yang masih muda akan mudah dibentuk dan tidak patah. Sehingga ketupat juga tidak rusak saat direbus.

3. Pastikan panci untuk merebus cukup besar dan air rebusan banyak untuk merendam ketupat pada saat proses perebusan.

4. Volume beras yang dimasukkan adalah 2/3 bagian dari ketupat. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak yang justru membuat ketupat jadi padat namun lembek atau terlalu banyak mengandung air.

5. Supaya cita rasa ketupat gurih dan berbeda, anda bisa menambahkan penyedap rasa ke dalam air rebusan ketupat sesuai selera.

6. Setelah matang, ketupat disimpan dalam keadaan digantung, fungsinya adalah supaya ketupat tidak basah dan lembap sehingga mudah basi.

7. Anda bisa juga menyimpan ketupat di dalam kulkas kalau ingin menyantap ketupat untuk keesokan harinya. Panaskan kembali dengan cara dikukus.

Bahan
– 500g beras pulen
– 8buah ketupat janur kuning kosong
– air, untuk merebus
– 1sdm penyedap rasa

Cara membuat

1. Cuci bersih beras, rendam selama 2 jam. Sisihkan.
2. Siapkan panci besar atau panci sup yang sudah diisi dengan


1 2
Post a Comment

Comments 0