Mengenal Oncom dan Tetap Waspada Saat Mengkonsumsinya

Potan Ahmad
Mar 01, 2023

KOSADATA - Oncom merupakan makanan yang bergizi karena kandungan di dalamnya. Namun, konsumsi oncom yang terkontaminasi bisa membuat keracunan. 

Makanan ini terbuat dari ampas kacang kedelai atau tahu. Jika dilihat dari warna sporanya, oncom dibedakan menjadi dua, yakni oncom merah dan hitam.

Oncom merah dibentuk oleh jamur Neurospora sitophila. Sedangkan oncom hitam dibentuk oleh ragi untuk membuat tempe.

Mengutip klikdokter, dalam oncom ada Jamur Neurospora sitophila akan menghasilkan enzim amilase, lipase, dan protease. Enzim tersebut berperan penting dalam penguraian oncom sehingga teksturnya berubah dan menimbulkan bau yang khas.

Termasuk makanan kaya protein, oncom bisa jadi solusi murah saat masyarakat ingin mendapatkan sumber protein yang baik. Namun, waspadai juga bahaya konsumsi oncom yang telah terkontaminasi. 

 

Bahaya oncom bagi kesehatan

Di balik kandungan proteinnya, ada efek samping makan oncom yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, oncom termasuk makanan yang rentan terkontaminasi dengan jamur jenis lain.

Adapun jamur lain yang dimaksud adalah Aspergillus flavus. Jamur tersebut menghasilkan racun aflatoksin yang dikenal sebagai pemicu risiko kanker. Kalau membuat dan mengolahnya tidak benar, maka bisa memicu aflatoksin tersebut.

Reaksi keracunan sebenarnya tergantung pada kondisi masing-masing tubuh. Ada yang mengalaminya secara cepat, tapi ada juga yang lambat atau baru keesokan harinya.

Gejala keracunan oncom sama seperti keracunan makanan pada umumnya, yakni mual muntah, diare, pusing, lemas, demam, serta nyeri perut.

Post a Comment

Comments 0