Menggali Budaya Silat Beksi di Petukangan Selatan

Bambang Widodo
Feb 25, 2023

KOSADATA – Kelurahan Petukangan Selatan di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan ditetapkan sebagai Kampung Budaya Beksi. Sejumlah komunitas seni budaya di Kampung Petukangan Selatan terus menularkan keahliannya ke generasi penerus.

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengapresiasi keberadaan Kampung Budaya Beksi Petukangan. Bahkan, dia mendorong agar Petukangan bisa mencetak atlet silat Beksi ke depannya.

“Silat terbagi atas dua kategori, silat tradisi dan prestasi. Silat tradisi merupakan seni silat yang saat ini ditunjukan oleh para pesilat. Sedangkan silat prestasi mempunyai jenjang, baik tingkat nasional hingga internasional,” kata Munjirin, di Jakarta, belum lama ini.

“Khusus untuk pengelola silat tradisi kalau ada anggota muda agar belajar silat prestasi, supaya bisa kita dorong ke tingkat lebih atas. Kalau sudah ada dasar silat tradisi akan cepat ke prestasi dari pada yang memulainya dari nol,” tambahnya.

Didampingi Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Hendry Wardhana, Munjirin mengatakan, panitia mengkolaborasikan berbagai unsur terciptanya sebuah wadah untuk menampung berbagai acara. Seperti kuliner, UMKM, budaya Betawi, yang melibatkan pelaku usaha lokal di Petukangan Utara ini.

“Panitia berhasil menciptakan itu semua, mulai dari belanja makanan UMKM, kesenian, budaya, dan bisa ditampilkan dalam satu wadah. Panitia, Dinas Kebudayaan serta Sudin berhasil menciptakan itu disini,” ungkapnya.

Dukungan disebut Munjirin akan terus diberikan kepada para pelaku UMKM, seni budaya, dalam wadah seperti ini. Meskipun tidak jarang ditemui banyak yang sudah latihan, baik memasak dan juga silat, namun tidak ada wadah yang menaunginya.

“Kita sepakat budaya yang sudah dipelihara jangan sampai hilang. Tapi wajib ditularkan ke generasi penerus. Saya yakin ada hal yang hilang belum diteruskan temen-temen,” tuturnya.

Berbagai


1 2
Post a Comment

Comments 0