|

Menikmati Wisata Sejarah Keraton Solo

Admin Kosadata
Dec 30, 2022
0
1 minute

 

KOSADATA - Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang lebih dikenal Keraton Solo ialah peninggalan budaya peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang layak untuk dikunjungi.

Para wisatawan yang tiba ke keraton ini bisa berwisata sekaligus belajar memahami sejarah. Keraton ini berlokasi di Jalur Kamandungan, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tempat bersejarah ini jadi destinasi wisata andalan Kota Solo. Banyak peninggalan budaya dari Kerajaan Mataram yang dapat dipelajari di tempat ini.

Seperti gaya arsitektur istana Jawa tradisional yang masih dipertahankan. Tidak hanya itu, lingkungan bangunan keraton pula masih difungsikan selaku tempat tinggal raja ataupun sunan beserta rumah tangganya.

Untuk masuk ke zona keraton, wisatawan dikenakan tiket Rp15. 000 per orang. Ada angkutan khas tradisional semacam becak yang dapat digunakan buat mengelilingi zona lingkungan keraton yang lumayan luas, dengan bayaran Rp50. 000.

Tidak hanya melindungi fasilitas transportasi, para tukang becak umumnya hendak menggambarkan sedikit tradisi warga dekat.

Di antara lain semacam tradisi kebo bule di malam satu suro, tradisi pasar sekaten, atraksi prajurit keraton, serta yang lain.

Pelataran Keraton Solo itu lumayan luas. Kira- kira luasnya semacam pelataran Masjid Agung Solo. Keadaan pelataran pula nyaris sama dengan Masjid Agung Solo yang berpasir.

Pelataran Keraton juga mempunyai banyak pepohonan yang besar serta rindang. Tidak jarang, pengunjung bisa melihat abdi dalem wanita duduk sendirian di bawah pohon yang sedikit sinar penerangan. Abdi dalem itu menggunakan baju kebaya, jarit, dengan sanggul.

Abdi dalem itu terlihat sedang berdoa. Terdapat satu tungku menyan dan sebagian cangkir berisi sesajen. Asap pada tungku itu lumayan pekat. Bau kemenyan menyebar menyapa hidung wisatawan.***

Simak ulasan KOSADATA lainnya pada Google News.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News