Miliki Populasi Tinggi, Lituania Akan Kembangkan AI di Indonesia

Ida Farida
Feb 07, 2024

Wamenkominfo Nezar Patria melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kebudayaan Lituania Vygintas Gasparavičius di Slovenia. Foto: Humas Kominfo

KOSADATA – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria mengungkapkan, Pemerintah Lithuania tertarik untuk berkolaborasi dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia karena potensinya yang masih terbuka luas. 

"Kami baru saja mengadakan pertemuan bilateral dengan Lithuania atas permintaan mereka. (Wamen Kebudayaan Lituania) mengatakan tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia karena mereka melihat Indonesia sangat strategis terutama posisi Indonesia di Asia Tenggara sebagai negara terbesar dengan 280 juta jiwa penduduk,” ujar Nezar dilansir Infopublik, Rabu (7/2/2024).

Nezar mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara di ASEAN memiliki nilai strategis untuk menjalin kolaborasi pengembangan AI dengan negara-negara lain.

"Jadi buat Lithuania ini adalah satu kesempatan buat mereka untuk bisa bekerja sama secara setara dengan Indonesia dalam artian pengembangan teknologi AI," ujarnya. 

Menurutnya, Lithuania berminat untuk bekerja sama dengan Indonesia dan ASEAN dalam pengembangan ekosistem AI, khususnya di sektor kesehatan dan pertahanan. Hal ini dibahas saat Nezar melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kebudayaan Lithuania Vygintas Gasparavičius di Forum Global UNESCO tentang Etika AI di Slovenia, pada Senin (5/2/2024).

“Potensi kerjasama dengan ASEAN yang populasinya ada 680 juta jiwa. Sehingga tidak ada negara yang menguasai hanya satu aspek saja tetapi mereka bisa sharing knowledge-nya, mereka bisa membagi juga pengalaman yang mereka dapatkan," kata dia. 

Dia mengapresiasi


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0