Millway Community Beberkan Rahasia Hindari Sejumlah Penyakit Selama Puasa

Sani Ichsan
Apr 10, 2023

KOSADATA - Puasa dengan tidak mengatur asupan makanan yang baik dan bergizi dapat berpotensi mengundang berabagi keluhan kesehatan akibat dari perubahan pola makan yang ekstrem. Padahal, jika puasa dilakukan dengan diikuti pola makan yang baik dapat menjadikan badan sehat.

Konsultan Millway Community, Fahtmayonei Hermando mengatakan banyak penyakit yang kerap muncul saat seseorang melakukan puasa tanpa diikuti pola makan yang baik. diantaranya sembelit, diare, sakit kepala dan lain-lain.

"Untuk mengatasinya cobalah saat berbuka dan sahur perbanyak makan-makanan tinggi serat misalnya biji - bijian dan buah - buahan lalu banyak meminum air putih. Menghindari diare, maka awali makan buah yang substansinya dingin seperti buah persik, pir, pepaya, melon dll saat sahur lalu terakhir makan 2 jam sebelum tidur," ujar pria yang akrab disapa Yonei, Minggu (9/4/2023).

Yonei menuturkan, penderita sakit kepala biasanya banyak dialami oleh mereka yang mengonsumsi kopi dan memiliki kebiasaan merokok. Sehingga, lanjutnya, guna mengatasi hal itu, disarankan untuk stop konsumsi kopi dan berhenti merokok selama puasa.

Lebih lanjut, gangguan kesehatan seperti gejala mual dan muntah pun biasanya terjadi pada hari-hari pertama puasa dan akan hilang sendiri nantinya ketika puasa diteruskan. 

Untuk mengatasinya, lanjut Yonei, selalu makan saat sahur, banyak minum air putih pada malam hari dan sahur, hindari makanan pedas dan asam serta hindari minum air es. Salah satu penyakit yang cukup populer dan sering diderita saat sedang puasa adalah maag. 

"Untuk mengatasinya makan berserat serta mengunyah 32 kali setiap makanan akan membantu pencernaan bekerja tidak terlalu keras. Awali dengan minuman yang hangat terlebih dahulu sehingga perut tidak sampai kaget. Minuman pembuka juga disarankan tidak terlalu manis," jelasnya.

Yonei


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0