Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Pastikan Kesiapan Jalur Darat

Dian Riski
Mar 25, 2024

Staf Khusus Menteri Perhubungan & Jubir Kementerian Perhubungan, Adita Irawati (tengah) Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat, Tulus Abadi (kiri). Foto dok FMB9

KOSADATA - Staf Khusus Menteri Perhubungan dan Jubir Kementerian Perhubungan, Adita Irawati menyampaikan pihak Kemenhub akan fokus mempersiapkan kelancaran mudik di sepanjang jalan tol dan jalur arteri lainnya.

Strategi ini diambil berdasarkan riset bersama Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), sejumlah media, dan Kemenhub yang menjaring 42 ribu responden. Hasilnya 56 persen di antaranya memilih jalur darat untuk pulang kampung. 

"Pembelajaran dari Nataru kemarin, angkutan darat memang favorit. Makanya, kami sudah koordinasi dengan stakeholders, termasuk operator transportasi, sejak jauh-jauh hari," ujarnya dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema '193,6 Juta Orang Mudik, Bagaimana Antisipasi Pemerintah?', Senin (25/3).

Pemerintah Indonesia secara rutin menggelar riset untuk dapat mengantisipasi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi lonjakan arus  pergerakan manusia di periode Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru.

Dalam hasil riset yang telah diumumkan itu, diprediksi 26 juta orang akan mudik. Sementara puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-2 Lebaran, sedangkan puncak arus balik pada H+3.

"Bagi yang memutuskan untuk berangkat mudik, hindari jam sibuk. Responden riset kami kebanyakan memilih berangkat antara jam 4 sampai 10 pagi," saran Adita.

Adita memastikan pihaknya telah mengambil langkah proaktif untuk memastikan perjalanan mudik Lebaran 2024 tidak hanya menjadi perjalanan yang menyenangkan tetapi juga aman dan efisien.

Untuk mengurai kepadatan, ia melanjutkan, Kemenhub bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menerbitkan Surat Keputusan Bers SKB. Salah satu


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0