PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile, Awas Data Bisa Dicuri

Abdillah Balfast
Mar 02, 2023

KOSADATA - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay menanggapi positif perubahan aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023.

Diharapkan, aplikasi ini dapat lebih bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu, dapat pula dijadikan sebagai sarana untuk memaksimalkan peningkatan kesehatan komunitas secara kolektif di tengah masyarakat.

"Setelah membaca berita terkait, sepintas saya melihat ada banyak hal positif yang baru di dalam aplikasi tersebut. Mulai dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat ada dan terintegrasi. Bahkan ada data rekam medis, konsultasi kesehatan, ada bonus dan poin, serta layanan yang jauh lebih luas," kata Saleh kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

"Kalau ini benar, tentu ini sangat positif. Jika masyarakat dapat memanfaatkannya dengan benar, maka penggunaan aplikasi ini dapat diandalkan menjadi garda pertahanan kesehatan masyarakat," sambungnya.

Dalam konteks itu, Saleh meminta aga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perlu segera melakukan sosialisasi terkait aplikasi ini. Tanpa sosialisasi, masyarakat belum tentu mengerti menggunakannya. Apalagi, aplikasi ini kelihatannya sedikit rumit untuk ukuran masyarakat awam.

"Sosialisasi mutlak dilakukan. Harus disadari bahwa tidak semua masyarakat kita memiliki akses kepada internet. Mereka yang ada di daerah belum tentu memiliki perangkat smartphone. Belum tentu juga mampu membeli kuota internet. Jangan sampai hal ini menjadi kendala ke depannya," ujarnya.

Selain itu, Ketua Fraksi PAN DPR ini juga mengingatkan mengenai keamanan data masyarakat yang harus dijaga. Terutama yang berkenaan dengan rekam medis dan data-data privasi lainnya.

"Dulu, peduli lindungi katanya aman. Tapi belakangan ternyata bocor juga. Itu tentu tidak boleh terulang lagi,"


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0