Pemerintah Restui Starlink Ujicoba di IKN, Bukan di Jakarta

Ida Farida
Apr 17, 2024

Pemerintah Indonesia restui ujicoba Starlink di kawasan IKN. Foto: ist

KOSADATA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merestui ujicoba Starlink, internet satelit buatan Space X di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menjelaskan, pemilihan Kawasan IKN sebagai tempat ujicoba starlink di Indonesia bukan tanpa alasan.

 

Sebab, katanya, IKN adalah kawasan yang baru dibangun atau dikembangkan pemerintah di daerah hutan Kalimantan sehingga tidak memiliki infrastruktur telekomunikasi memadai.

 

Starlink itu kan teknologinya satelit masak ujicobanya di Jakarta? Harus di daerah yang minim infrastruktur telekomunikasi baru dia paten apa gak itu barang,” ujar Budi Arie Setiadi, di sela-sela acara Halalbihalal Kementerian Kominfo, kemarin.

 

Menurutnya, ujicoba Starlink akan dilakukan pada bulan depan atau Mei 2024. Dia memastikan, pemerintah telah membuka kesempatan bagi seluruh Perusahaan baik lokal dan asing, termasuk perusahaan asal Amerika Serikat Space X, untuk ikut membuka layanan telekomunikasi di Indonesia, khususnya di IKN.

 

“Rencananya Mei 2024 nanti, kita tunggu saja. Tanggalnya belum tapi kisarannya bulan Mei,” katanya.

 

Namun, perusahaan transportasi luar angkasa swasta yang didirikan Elon Musk itu juga harus memenuhi semua regulasi yang ada di Indonesia sebelum bisa menjalankan bisnisnya di Tanah Air.

 

“Kita maunya level of playing field-nya sama dan kita fair memberi kesempatan mereka (Starlink) untuk ikut. Tapi harus memenuhi semua regulasi dan ada dan berlaku di Indonesia,” tegasnya.

 

Lebih lanjut Menkominfo mengatakan, jika uji coba Starlink berhasil dengan baik, maka Kementerian Kominfo akan memberikan izin bagi Perusahaan asing itu untuk beroperasi di IKN.

 

Dia juga belum mengungkapkan nilai investasi yang akan digelontorkan SpaceX


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0