Perlancar Mobilitas Warga Antisipasi Banjir, Dishub DKI Lakukan Rekayasa Arus Lalin

Potan Ahmad
Feb 27, 2023

KOSADATA - Akibat hujan yang turun semalaman, beberapa titik ruas jalan di ibukota tergenang. Hal itu mengakibatkan terjadi kemacetan yang menghambat mobilitas. 

Terkait hali itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Dinas Perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar mobilitas warga Ibu Kota.

"Saya berharap Jalan Inspeksi dilakukan rekayasa lalu lintas satu arah," kata Heru saat meninjau salah satu titik macet di Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (27/2/2023).

Heru berharap dengan rekayasa jalur yang tadinya padat seperti di dekat Stasiun KA Kalideres nantinya hanya bisa dilewati sepeda motor, untuk mengurangi kedapatan lalu lintas.

Lebih lanjut mantan kepala sekretariat presiden ini menjelaskan, Pemprov DKI, juga akan mengaspal jalur tersebut untuk menambah kelancaran arus lalu lintas. 

"Mulai hari ini uji coba (rekayasa lalu lintas)," jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Chaidir menambahkan rekayasa lalu lintas dilakukan dengan pengaturan lalu lintas pada jam sibuk baik pagi dan sore hari.

"Nanti ada pengaturan palang pintu, jam sibuk itu, dan hanya motor yang bisa lalu lalang. Mobil tidak bisa kecuali warga," ucapnya.

Di Kelurahan Semanan yang berada di dekat Stasiun Kalideres itu menjadi salah satu titik kemacetan di Jakarta Barat karena menghubungkan sejumlah ruas jalan di tengah permukiman padat penduduk.

Tak jauh dari lokasi itu juga terdapat Stasiun Rawa Buaya dan sejumlah ruas jalan yakni Jalan Duri Kosambi yang kerap menyumbang kedapatan lalu lintas.

Related Post

Post a Comment

Comments 0