Persiapan Operasional, KCIC Latih Ratusan Pegawai

Dian Riski
Mar 02, 2023

KOSADATA - PT Kereta Cepat Indonesia China secara resmi mengadakan pelatihan Kereta Api Cepat perdananya di Politeknik Perekeretaapian Indonesia, Madiun pada Senin 27 Februari 2023.

Pada tahap awal, sebanyak 159 pegawai KCIC dari bagian EMU Driver, On Call Emergency Response & Comprehensive Controller, dan EMU Machinist In Depot mengikuti pelatihan Kereta Api Cepat pertamanya.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, pelatihan ini merupakan sebuah milestone penting dalam perjalanan proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung.

Pelatihan ini merupakan suatu rangkaian dari upaya KCIC dalam menyiapkan tenaga-tenaga profesional dari dalam negeri untuk pengoperasian dan perawatan kereta api cepat.

"Seluruh peserta pelatihan akan menjadi bagian sejarah kemajuan transportasi di Indonesia, karena KCJB adalah kereta api cepat pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Setelah dilakukan handover dari tenaga profesional, nantinya para anak-anak bangsa inilah yang akan meneruskan sebagai operator dan maintenance KCJB," ujar Rahadian.

Para pegawai tersebut akan mengikuti pelatihan di PPI Madiun dari 27 Februari 2023 hingga Juni dan Juli 2023 kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan.

Pelatihan tersebut diberikan oleh PPI Madiun, Southwest Jiatoung University, dan Tianjin Railway Technical Vocational Colleger serta mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Kereta Api Kecepatan Tinggi serta Standar Operasional Kereta Api Cepat dari China Railway.

Nantinya pada tahap praktek lapangan, para peserta akan melakukan pengamatan dan mendampingi para tenaga-tenaga profesional yang telah berpengalaman dalam mengoperasikan kereta api cepat.

Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, maka para petugas akan dilakukan asesmen dan sertifikasi baik di dalam negeri oleh Kementerian Perhubungan maupun instansi terkait sesuai bidangnya


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0