|

Pj Gubernur Heru Bakal Normalisasi Kali Pesanggrahan Jakbar dengan Sheet Pile Sepanjang 1.400 Meter, Siapkan Anggaran Rp40 Miliar

Abdillah Balfast
January 19, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berencana menormalisasi Kali Pesanggrahan sektor Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat dengan pembuatan turap atau sheet pile sepanjang 1.400 meter. 

Diketahui wilayah tersebut kerap dilanda banjir saat hujan deras melanda maupun kiriman dari Puncak Bogor.

"Tahun 2023 kita mengamankan (menormalisasi Kali Pesanggarahan wilayah Kembangan Selatan) salah satu area yang sering banjir dan meluap sampai ke perempatan Puri-Kedoya," kata Heru kepada awak media di Kali Pesanggrahan, Jalan Briti B, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2023).

"Sesuai dengan data yang ada kurang lebih panjangnya 1.400 meter dan alur yang kita selamatkan sesuai dengan eksisting sehingga sisi timur itu 795 meter dan sisi baratnya 605 meter nanti di area sini sampai dengan tol lampu merah (Jalan Puri-Kedoya) disana dapat mengurangi banjir," katanya.

Heru menambahkan proyek normalisasi ditargetkan rampung akhir tahun 2023 ini. Ia pun meminta warga untuk membantu bergeser apabila ada bangunan yang terdampak akibat normalisasi sepanjang 1.400 meter tersebut.

"Sampai akhir tahun (2023) lah. Saya juga minta warga untuk memahami membantu bergeser mensupport tentunya kan ada bangunan yang terkena," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Yusmada Faizal menyebut normalisasi yang dilakukan dengan penguatan tanggul, konstruksi sheet pile, bronjong dan lain-lain. Ia menyebut saat ini sudah masuk tahap lelang dan berharap Maret atau April tahun 2023 sudah dapat dimulai.

"Dinormalisasi salah satunya dengan memperkuat tanggul-tanggul kali. Baik dengan konstruksi sheet pile, bronjong dll. Sekarang udah tahap lelang yah. Kalo ini lancar mudah-mudahan Maret atau April udah mulai," ucap Yusmada.

Lebih lanjut, Yusmada mengatakan bahwa anggaran konstruksi normalisasi Kali Pesanggrahan sepanjang 1.400 meter sebesar Rp40 miliar.

"Anggaran konstruksinya Rp40 miliar untuk sepanjang 1.400 meter," tuturnya.

Yusmada menambahkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan lelang kontraktor untuk pembangunan konstruksi sheet pile tersebut. Ia pun menargetkan proyek tersebut dimulai pada Maret atau April 2023 ini.

"Sekarang udah tahap lelang yah. Kalo ini lancar mudah-mudahan Maret atau April udah mulai (pembangunan konstruksi sheet pile)," ucap Yusmada.

Sebagai informasi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memfokuskan menyelesaikan masalah banjir, kemacetan, dan tata kota sejak menjabat pada Oktober 2022 lalu.

 

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News