Proteksi Data Kesehatan Pribadi di Aplikasi Satu Sehat Kembali Disoal

Abdillah Balfast
Mar 02, 2023

KOSADATA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kurniasih Mufidayati menyoroti data kesehatan pribadi yang rentan terungkap dalam proses peralihan aplikasi PeduliLindungi ke Satu Sehat. 

Kurniasih menyebutkan aplikasi Satu Sehat yang terkoneksi dengan semua data rumah sakit termasuk laboratorium serta menyimpan data rekam medik pasien yang bersifat rahasia sangat rentan jika masuk dalam sebuah aplikasi. 

Ia mengingatkan data rekam medis pasien adalah bersifat rahasia sebagaimana diatur dalam UU Praktik Kedokteran dan UU tentang Rumah Sakit serta Permenkes 269/Menkes/Per/III/2008 tentang serta Medis. 

Belajar dari kebocoran data yang kerap dialami di Indonesia, Kurniasih khawatir keamanan data rahasia milik pasien tidak benar-benar terjaga sebagaimana mestinya. 

"Platform Satu Sehat jika benar merekam semua medical record pribadi, ini kan masuk kategori sangat privat sekali. Bagaimanapun hanya pasien yang berhak menerima informasi rekam medis miliknya dan itu termasuk hak asasi," ujar Kurniasih, Kamis (2/3/2023).

Ketika semua disatukan dalam satu platform Satu Sehat Kurniasih justru melihat ada kekhawatiran kerentanan data lebih tinggi. Karena saat ini masih masa reses di parlemen DPR, ia berjanji setelah masa persidangan akan membahas secara detail terkait persoalan proteksi data kesehatan pribadi tersebut.

Kurniasih menyebut, PeduliLindungi dibuat untuk memantau perkembangan vaksinasi Covid-19 guna mengukur capaian tingkat kekebalan kelompok di saat pandemi sangat berat. Ketika akan diupgrade ke Satu Sehat ada penambahan-penambahan fitur yang perlu dibicarakan lebih mendalam. 

"Secara pribadi jika perubahan PeduliLindungi menjadi Satu Sehat untuk memantau program nasional seperti vaksinasi atau imunisasi anak, ini bagus aja. Karena ini program nasional sehingga lebih mudah pemantauannya memakai Satu


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0