Refleksi Hardiknas, Merangkai Kembali Rantai Putus

Sani Ichsan
May 02, 2023

Oleh: Sofa Sari Miladiah

KOSADATA - Pada pertengahan April 2023, warga Indonesia, khususunya urang Bandung, dikejutkan oleh penangkapan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Yana sebagai tersangka dalam dugaan suap proyek Bandung Smart City. 

Penangkapan Yana menambah daftar panjang kepala daerah yang diciduk aparat lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Hingga kini sudah ada ratusan kepala daerah yang menjadi pesakitan lantaran perbuatan melawan hukum.

Kenapa itu bisa terjadi?

Semestinya, manusia Indonesia adalah insan-insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Itulah nilai-nilai luhur yang dijelaskan dengan rinci dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Seandainya pembentukan manusia Indonesia sudah sejalan dengan amanat Undang-Undang tersebut, berita tentang korupsi dan kejahatan birokrasi lainnya tidak akan menjadi berita utama di media-media massa, karena memang tidak ada kasusnya. 

Ada mata rantai yang terputus dalam pembentukan manusia Indonesia. Pembentukan iman, akhlak, dan ilmu sejatinya bukan saja dilakukan di ruang-ruang kelas, tapi di semua tempat, termasuk di lingkungan birokrasi. Bukan hanya saat berstatus sebagai peserta didik, tapi di sepanjang hayat selaku warga negara.

Kami, para insan pendidikan, tengah bersemangat menggali lagi spirit Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam pasal 3 dijelaskan, manusia Indonesia dibangun melalui pendidikan untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, serta berakhlak mulia. 

Ada dua padanan kata yang sangat istimewa: bertakwa dan berakhlak mulia. Habluminnallah dan hablumminannas. Kita baru saja digembleng selama satu bulan penuh di Ramadan agar bisa menjadi orang yang bertakwa.

Bukan hanya ditempa untuk menjadi manusia spiritualis vertikal, dengan puasa kita dididik


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0