Resmikan Nama Rantis Maung, Jokowi Jajal Kendaraan Tempur Segala Medan

Peri Irawan
Jan 18, 2023

KOSADATA - Usai memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan Tahun 2023, Presiden Joko Widodo menjajal kendaraan operasional satuan yang dijuluki "Maung" di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Presiden juga meresmikan nama "Maung" untuk kendaraan tersebut.

Dalam mobil yang dikendarai langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Presiden Jokowi meninjau pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang merupakan bagian dari rangkaian acara rapat pimpinan.

Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksmana Muda TNI Supo Dwi Diantara, menjelaskan bahwa pameran alutsista tersebut digelar untuk menunjukkan industri pertahanan Indonesia yang terus mengembangkan produksi alutsista.

"Ada sekitar 18 alutsista yang kita pamerkan, yang bisa dikunjungi dan disaksikan oleh peserta rapim semuanya," ujar Supo dalam keterangan tertulis, Rabu (17/1/2023).

Maung merupakan kendaraan operasional satuan untuk medan offroad yang dirancang oleh industri dalam negeri, PT Pindad (Persero). Kendaraan bermesin diesel 4 silinder turbocharged tersebut diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa menuturkan bahwa kendaraan taktis yang dipamerkan merupakan versi ketiga dari Maung. Kendaraan versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan.

"Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama untuk komandan, seri kedua untuk jelajah itu untuk kombinasi lapangan dan operasional, seri ketiga itu adalah seri untuk latihan tempur dan lain-lain


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0