|

Satu Keluarga Diduga Meninggal Karena Kelaparan, Bang Dai: Hilang Kepekaan Sosial di Jakarta

Admin Kosadata
December 29, 2022
0
1 minute

 

KOSADATA - Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta, Dailami Firdaus mengaku prihatin atas ditemukannya satu keluarga yang ditemukan meninggal dunia dengan kondisi mengenaskan di Jakarta Barat. Mereka ditemukan dalam keadaan membusuk yang diduga karena kelaparan.

"Saya Sangat miris dengan kejadian itu dan jelas kita sudah kehilangan identitas dalam bermasyarakat yaitu kepekaan sosial, minimnya bersosialisasi, gotong royong, dan saling membantu sesama masyarakat jelas sudah hampir tidak bisa kita jumpai lagi," ujar Dailami kepada wartawan, Jum'at (11/11/2022).

Menurutnya, kejadian tersebut harus menjadi evaluasi bersama tanpa harus saling menyalahkan. Senator asal Jakarta yang akrab disapa Bang Dai ini meminta agar pemerintah daerah lebih memperhatikan lagi kondisi sosial ekonomi  masyarakat bawah.

"Aparatur pemerintah paling bawah harus bisa lebih guyub, rutin bersilaturahmi ke lingkungan masyarakat. Bikin kegiatan yang menjadikan masyarakat kembali memiliki rasa empati, simpati, kebersamaan dan gotong royong," katanya.

"Mari kita sama sama evaluasi diri dan memperbaiki bagaimana cara kita bermasyarakat, jangan mengedepankan ego dan tidak mau kenal atau tahu kondisi tetangga ataupun orang sekitar kita," tambah Bang Dailami.

Diketahui, empat jenazah dari 1 keluarga ditemukan pada sebuah rumah di kawasan Komplek Perumahan Citra Garden I Extension, Kalideres, Jakarta Barat.

Keempat jenazah tersebut, kemudian langsung dibawa ke kamar jenazah Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati untuk diautopsi. Kepolisian pun telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Dalam olah TKP awal oleh aparat Polres Metro Jakarta Barat, beberapa sampel material untuk keperluan penyelidikan juga diamankan guna mengetahui penyebab tewasnya keempat orang sekeluarga itu.

Namun tidak terlihat satu pun pihak keluarga korban yang ikut mengantar keempat jenazah itu ke RS Polri Kramat Jati.

"Polisi menyimpulkan sementara tidak ada tanda-tanda bekas tindak kekerasan di dalam rumah saat empat jenazah ditemukan pada posisi yang berbeda-beda," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Haris Kurniawan pada wartawan, Jumat (11/11).

Penemuan jenazah itu bermula karena warga setempat di kawasan Kalideres, Jakarta Barat, mengendus bau tak sedap dari sekitar rumah korban. Hingga akhirnya warga melaporkannya ke Kepolisian setempat. Sementara, hingga kini kasusnya masih didalami aparat Polres Metro Jakarta Barat.

Peristiwa tersebut diketahui setelah ketua RT setempat mencium bau tak sedap yang berasal dari sebuah rumah. RT tersebut kemudian melapor kepada polisi.

Polisi yang mendatangi rumah tersebut mendapati pintu pagar dan rumah dalam keadaan terkunci. Polisi kemudian membobol pintu tersebut untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Setelah berhasil masuk, polisi mendapati adanya 4 mayat dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Hasil autopsi empat mayat sekeluarga di Perum Citra 1 Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar), diduga tewas karena kelaparan. Pasalnya, pada lambung keempat korban tidak ada makanan, mereka diduga tidak mendapat asupan makanan dan minuman cukup lama.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News