Selain Palm Jumeirah Dubai, ini 3 Bangunan Lainnya yang Bisa Dilihat dari Luar Angkasa

Potan Ahmad
Mar 02, 2023

KOSADATA - Seorang astronot yang berada diluar angkasa dipastikan jaraknya ratusan kilometer dari permukaan laut di bumi. 

Namun walaupun jarak yang jauh itu, ternyata beberapa bangunan di bumi dapat terlihat dari luar angkasa. 

Bahkan sebagian bangunan tersebut dapat dilihat tanpa bantuan lensa apapun, atau hanya dengan mata telanjang.

Seorang mantan Komandan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Chris Hadfield, mengatakan sejumlah bangunan di Bumi memang bisa dilihat langsung oleh astronot dari luar angkasa. 

Hadfield mengonfirmasi hal tersebut, akan tetapi menurutnya Tembok China yang cukup panjang itu malah tidak tampak. 

Ia beralasan Tembok China "terlalu sempit + mengikuti kontur & warna alami" geografi.

Nah, berikut empat bangunan yang dapat dilihat dari luar angkasa:

1. Palm Jumeirah Dubai

NASA mengklaim Palm Jumeirah Dubai bisa terlihat dari Garis Karman. Bahkan astronaut Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dapat melihat dengan jelas hamparan pulau buatan itu menggunakan lensa 800 mm. Sebagai informasi, ISS mengorbit dengan ketinggian rata-rata 400 km di atas permukaan laut.

2. Three Gorges Dam

Bendungan yang terbentang di Sungai Yangtze China diungkapkan NASA dapat terlihat dari luar angkasa. Tingginya mencapai 185 meter dengan panjang lebih dari 2 km, ungkap laporan France 24. Bendungan itu merupakan fasilitas penghasil listrik terbesar dunia. Three Gorges Dam disebut sebagai bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun.

3. Bingham Canyon Mine

Bingham Canyon Mine merupakan lokasi tambang yang berada sekitar 32 km tenggara Salt Lake City. Tambang tersebut sangat besar sehingga bukan hanya terlihat dari Garis Karman tanpa bantuan tapi bisa juga dari pesawat ulang alik NASA yang terbang antara 305-531 km di atas permukaan laut.

4. Piramida


1 2
Post a Comment

Comments 0