Siapkan Anggaran Rp15,8 triliun, Pemprov DKI Fokus Belanja Produk Dalam Negeri

Ida Farida
May 11, 2023

KOSADATA - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta telah berkomitmen untuk belanja Produk Dalam Negeri sebesar Rp15,8 triliun.

 

Hal ini diungkapkan saat membuka Business Matching Batch III di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari ini diikuti oleh exhibitor sebanyak 16 produsen bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan 10 UMKM Jakarta Entrepreneur.

 

Menurutnya, Business Matching Batch III ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi arahan dari Presiden mengenai P3DN seperti yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022. 

 

“Selaras dengan arahan Presiden yang menargetkan belanja produk dalam negeri (PDN) hingga 95%, target belanja PDN juga akan menjadi salah satu indikator dalam Perjanjian Kinerja seluruh Kepala Perangkat Daerah di Provinsi DKI Jakarta. Ini adalah bukti bahwa keberpihakan kepada produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, serta koperasi harus dilaksanakan dengan serius dan dikerjakan bersama-sama,” ujar Ratu dalam keterangan tertulis, Kamis (11/5/2023).

 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri, serta bagian dari pembinaan yang dilakukan oleh Dinas PPKUKM sebagai salah satu langkah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Oleh karenanya, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis dengan topik-topik yang menarik.

 

Adapun, 16 perusahaan yang menjadi exhibitor pada kegiatan Business Matching Batch III tahun 2023 adalah:

1. PT Sinko Prima Alloy;

2. PT Juara


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0