Soal Izin Bursa Berjangka, Ombudsman Desak Zulhas Beri Teguran Kepala Bappebti

Potan Ahmad
May 18, 2023

KOSADATA - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) didesak memberikan teguran keras kepada kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Pasalnya, Bappebti tidak dapat menjalankan seluruh Tindakan Korektif yang diminta Ombudsman terkait Izin Usaha Bursa Berjangka (IUBB).

Dalam monitoring atas tindak lanjut pelaksanaan Tindakan Korektif dalam Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) IUBB itu, Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika mengatakan, ada perbedaan substansi atas surat tanggapan dari kepala Bappebti dan menteri perdagangan dalam menanggapi LAHP. Perbedaan itu, katanya, menunjukkan adanya tata kelola pemerintahan yang tidak efektif di lingkungan Kementerian Perdagangan.

"Menteri perdagangannya begini, kepala Bappebti-nya begitu, apakah ini juga menunjukkan kepala Bappebti ini tidak kompeten, nah ini yang menjadi dugaan. Berikutnya, Ombudsman RI akan meminta menteri perdagangan untuk memberikan teguran keras kepada kepala Bappebti agar bersikap profesional dalam menjalankan tata kelola pemerintahan," ujar Yeka kepada awak media, Rabu (17/5/2023).

Untuk itu, katanya, Ombudsman RI meminta Menteri Perdagangan untuk memberi teguran keras kepada Kepala Bappebti agar bersikap profesional dalam menjalankan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Admininstrasi Pemerintahan, Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Sebab, lanjutnya, dalam surat tanggapan yang dilayangkan oleh


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0