Soroti Piala Dunia U20, PDIP Sepakat Pertandingan Israel Dipindahkan ke Negara Tetangga

Abdillah Balfast
Mar 29, 2023

KOSADATA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengklaim, pihaknya mendukung penuh perhelatan Piala Dunia U20 agar tetap digelar di Indonesia.

Hasto mengatakan, Ia yakin isu dibatalkannya Piala Dunia U20 di Indonesia akan segera menemui titik terang. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengirim Ketua PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan FIFA.

“Dan kami percaya pak Jokowi mampu menyelesaikan persoalan ini dengan kemampuan pak Jokowi, dengan lobi ketua umum PSSI, akan ada solusi terbaik,” ujar Hasto dalam keterangannya, dikutip Rabu (29/3/2023).

Hasto menambahkan, adanya opsi pemindahan laga Israel U-20 ke negara tetangga merupakan langkah yang perlu diperhitungkan. “Kita tak masalah dengan solusi demikian, misalnya,” imbuhnya.

Di sisi lain, Hasto menambahkan, Indonesia adalah negara yang merdeka. Dan sikap PDIP mendapatkan pembenaran secara historis terkait Israel itu sendiri.

“Karena Gelora Bung Karno itu ada (dibangun) ketika kita menolak kesertaan Israel di Olimpiade, lalu kita membangun Gelora Bung Karno yang begitu megah sampai sekarang.Itu karena sikap yang konsisten bagi kita,” ujarnya.

Lebih jauh, Hasto mengatakan pihaknya berharap kejadian ini seharusnya menjadi momentum bagi semua untuk memahami dan mewujudkan, praktik kemanusian adalah yang utama. 

“Bahwa olahraga yang seharusnya dilakukan oleh FIFA juga mengedepankan praktik-praktik kemanusiaan yang hakiki, yang mana negara manapun tidak boleh melanggar prinsip-prinsip hukum internasional itu,” ujarnya.

“Kita kritik terjadinya perang Rusia-Ukraina. Meskipun Rusia bertindak karena ada aksi provokatif NATO menjadikan Ukraina sebagai benteng dalam menghadapi Rusia. FIFA pun mencoret Rusia pada saat playoff Piala Dunia karena alasan kemanusiaan. Kenapa FIFA memperlakukan hal yang


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0